100 Peserta Rebutkan Golden Tiket ke Manca Negara

foto kaki (1)KALSEL – Kekhasan PPSN menjadi kebanggan tersendiri dan menjadi prestasi anak negeri yang layak dipromosikan. oleh karenanya, diakhir perkemahan di pilih 33 orang utusan dari setiap kontingen untuk memasarkan pramuka santri keluar negeri melalui sebuah kegiatan yang disebut SCETRO (Scout Education Recreation Tour).

Tidak kurang seratus peserta PPSN IV perwakilan dari 33 provinsi se Indonesia merebutkan golden tiket Scetro yang akan mewakili Indonesia bidang perkemahan ke manca negara diantara negara tetangga yang akan disinggahi pasukan pramuka elit itu yaitu Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam, Myanmar, Thailan dan lain sebagainya.

Melalui Scetro diharapkan para pramuka santri bisa menampilkan akulturasi budaya santri dengan budaya nusantara yang kohesif dan harmonis. Sehingga menjadi inspirasi untuk perkemahan pada umumnya dan bahkan menjadi inspirasi perkemahan di negara tetangga.

Para peserta terpilih akan menjadi pasukan khusus pramuka dunia mewakili Indonesia dengan membawa misi khusus tentang budaya dan pengenalan nilai-nilai luhur dunia pesantren.

Menurut Wakil Ketua Pelaksana PPSN IV Dr Ainur Rofiq, MA, seleksi untuk santri peserta PPSN yang akan mengikuti kegiatan di ajang Scetro adalah para peserta yang telah lulus mengikuti seleksi hari ini. Para peserta seleksi merupakan delegasi perwakilan  kontingen dari 33 provinsi yang mengikuti PPSN Kalsel. “Tentu seleksi ini sangat ketat karena mereka akan mewakili daerahnya masing-masing,” ujar penyeleksi bidang budaya dan ahlak ini

Dalam seleksinya, Kata Ainur Rofiq, panitia seleksi menilai dalam segi ahlak, budaya, seni, kemahiran berbahasa, dan kemampuan berpramuka. Para peserta diberikan waktu untuk pemaparan terkait kepramukaan, interviuw, dan menjawab pertanyaan. Kemudian panitia memberikan penilaian dari hasil inteerviuw tersebut. “Kalau memang mereka mampu menjawab seluruh pertanyaan dan mempunyai nilai tinggi, maka peserta berhak lolos dan mendapat golden tiket,” ujarnya

Sementara itu, Aji Kosasih salah satu peserta seleksi dari Pandeglang,Banten mengaku deg-degan saat di tanyai dan disuruh memberi pemaparan tentang kepramukaan. Menurutnya, dari pertanyaan penyeleksi ada yang susah soalnya, tapi alhamdulillah, kata Aji, ia menjawab dengan lancar. “Mudah-mudahan saya bisa masuk mendapatkan golden tiket, aminnn,” ujar Santri Nurul Mursidah ini.(hud)

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *