Ikhlas-Beramal-Kemenag-300x285

Kemenag Beri Beasiswa 6 Siswa Madrasah Kuliah di Jepang

Ikhlas Beramal - Kemenag
Ikhlas Beramal – Kemenag

Jakarta (Pinmas) —- Siswa berprestasi sudah semestinya mendapat apresiasi. Hal ini yang dilakukan Kementerian Agama terhadap 6 siswa madrasah yang sukses melewati serangkaian seleksi untuk bisa belajar di perguruan tinggi ternama di Jepang. Keenam siswa ini mendapatkan beasiswa hasil kerjasama Kemenag dengan Lembaga Nan Unggul Indonesia Surya Institute pimpinan Yohanes Surya.

Empat siswa adalah lulusan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong, yaitu: Rasyid Indra Pratama (Civil engineering Kyoto University), Taqwa Aditiya (Program of Advanced Molecular Chemistry Course Tohoku University) Qorry Ainaya (Applied Marine Biology Tohoku University), dan Uyun Charisa Aziza (College of Asia Pasific Studies  Asia Pasific University).

Sedang dua siswa lainnya adalah lulusan MAN 3 Malang, yaitu Cendekia Abdi (Program of Fundamental and Applied Physics, School of Science Nagoya University) dan Layyin Nafisa (College of Asia Pasific Studies  Asia Pasific University).

Melalui pers release yang diterima Pinmas, Rabu (03/09), Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan menjelaskan bahwa dalam kerjasama ini, Kementerian Agama akan membiayai living cost mahasiswa selama 4 tahun yang meliputi biaya hidup, buku, dan penginapan. Sedangkan biaya perkuliahan atau tuition fee difasilitasi oleh Lembaga Nan Unggul Indonesia Surya Institute melalui kerjasama yang telah dilakukan lembaga tersebut dengan universtas-universitas terkemuka di Jepang.

Ditambahkan M. Nur Kholis Setiawan bahwa proses perekrutan calon penerima beasiswa dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama, Lembaga Nan Unggul Indonesia melaksanakan seleksi di 8 kota di Indonesia. “Seleksi ini diikuti oleh lebih dari 700 siswa madrasah dan pesantren,” jelas M. Nur Kholis.

Dalam tahap kedua, terdapat 75 siswa yang mengikuti seleksi lanjutan dan wawancara bahasa Inggris di Jakarta. Tahap ketiga menyisakan 15 siswa yang mengikuti test wawancara dengan pihak universitas. “Dari 10 seat beasiswa yang disediakan, 6 siswa madrasah dinyatakan lulus oleh ke empat universitas,” terangnya.

M. Nur Kholis Setiawan berharap pemberian beasiswa ini bisa memacu semangat siswa-siswi Madrasah dan pesantren untuk meningkatkan prestasi belajar sehingga mendapat kesempatan untuk melanjutkan studi di Universitas-Universitas terkemuka dunia, di samping universitas-universitas terbaik di Tanah Air.

Prestasi siswa madrasah memang terus meningkat. Data Lembaga Nan Unggul Indonesia menyebutkan bahwa sejak 2011, sudah banyak siswa lulusan madrasah yang memiliki prestasi akademik luar biasa dan difasilitasi mendapat beasiswa S1 di Universitas terkemuka di Jepang. Puncaknya adalah pada tahun 2012 di mana dari 15 seat beasiswa yang difasilitasi oleh lembaga tersebut, terdapat 8 siswa yang berasal dari madrasah.

“Ini sekali lagi menegaskan bahwa mutu pendidikan Madrasah terutama di bidang sains dan matematika mampu bersaing dengan sekolah-sekolah umum,” tegasnya. (mkd/mkd)

Related posts:

One thought on “Kemenag Beri Beasiswa 6 Siswa Madrasah Kuliah di Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *