Pesantren Falakiyah Sebagai Ujung Tombak Pemersatu Umat Islam

IMG_6244

DITPDPONTREN, Makassar – bertepatan dengan bulan Ramadhan Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren menjalankan kegiatan yang bertajuk “Workshop Penguatan Pesantren Falakiyah”, acara yang dihadiri oleh pondok pesantren di wilayah timur Indonesia, yang berlangsung hari kamis-sabtu tanggal 16-18 Juni 2016 di Hotel Grand Clarion Makassar.

Dalam acara tersebut H.Dr.Mohsen,MM selaku Direktur Pdpontren menyampaikan, bahwasannya pondok pesantren falakiyah ini menjadi salah satu pondok pesantren ujung tombak untuk mempersatukan umat di masyarakat, karena apa? seringkali pada saat menjelang datangnya bulan Ramadhan dan idul Fitri didalam masyarakat ada perbedaan pendapat antara pemerintah dan ormas-ormas yang ada.

Tradisi yang sudah dilakukan pondok pesantren dalam menentukan Awal bulan ramadhan dan idhul fitri dan bahkan idhul adha itu menjadi pembahasan yang serius, tidak hanya melalui hisab dan rukyah saja bisa menentukan persamaan penetapan awal ramadhan dan idhul fitri, akan tetapi melalui program inilah pengutan ilmu falak  ditpdpontren memfasilitasi forum-forum pelatihan, pembekalan dan pengutan materi ilmu falak yang sudah terlaksana 2 tahun ini, “ini terbukti 2 tahun terakhir ini awal ramadhan dilaksanakan dengan sama-sama”, tambah direktur.

Pendidikan keagamaan ditpdpontren tidak hanya program pengutan ilmu falak saja, program ditpdpontren banyak sekali programnya seperti Program PBSB, PBTQ, SBP, Penguatan Kitab Kuning, Ma’had Aly yang sudah di launching di Lirboyo jawa timur bulan lalu, ada 13 Ma’had aly yang akan dibangun dan didalam ma’had aly nantinya akan ada program jurusan ilmu falak, tutur Mohsen.

Pondok pesantren mempunyai tradisi pembelajaran yang unik dan mempunyai ciri khas tersendiri dalam pendidikan agama islam di indonesia, “ilmu falak dulu sampai sekarang menjadi pemersatu umat islam”. Tegas Direktur. (ady-red)

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *