Direktur PD-Pontren  Dorong Inovasi Pembelajaran Bagi Ustadz Pendidikan Diniyah Formal

Direktur PD-Pontren  Dorong Inovasi Pembelajaran Bagi Ustadz Pendidikan Diniyah Formal

Jakarta (Kemenag) -- -Maqolah Sayyidina Ali:


عَلِّمُوا أوْلادَكُمْ غَيْرَ مَا عُلِّمْتُمْ فَإِنَّهُمْ خُلِقُوا لِزَمَنٍ غَيْرَ زَمَانِكُم
 "Ajarilah anak-anakmu dengan materi yang tidak sama dengan sesuatu yang diajarkan kepadamu, karena mereka diciptakan di zaman yang bukan pada zamanmu". Ungkapan yang dikemukakan Direktur PD Pontren, Waryono, mengawali arahan kepada peserta kegiatan Peningkatan Kapasitas Pendidik Pendidikan Diniyah Formal yang dilaksanakan di Jakarta (12/04/2022) malam. 

"Artinya, ilmu itu bersifat dinamis dan tidak tetap, keberadaannya menyesuaikan dengan kondisi sekarang dan kehidupan masa depan". Lanjut pria kelahiran Cirebon ini.

Pendidik/ustadz memegang peranan dan posisi strategis dalam melakukan pembelajaran terhadap santri-santri, Oleh karena itu, pendidik harus melakukan update ilmu pengetahuan agar jangan sampai ilmunya mandeg, alih-alih expired. 

"saya mendorong kepada para pendidik atau ustad untuk melakukan inovasi dan kreatifitas dalam cara pembelajarannya”, tegas mantan Warek bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga.

Tantangan guru hari ini, segala sesuatunya berjalan dengan cepat, cara belajarnya pun mengikuti dan dilaksanakan secara cepat. Anak-anak sekarang cerdas dan sangat cepat mengikuti dinamika perkembangan zaman, termasuk anak-anak di lingkungan pesantren. 

Tetapi Direktur juga mengingatkan agar tetap mempertahankan kepribadian pesantren yang sudah dinilai baik. 

"Karena pesantren tidak hanya ingin menghasilkan santri yang cerdas, tetapi juga harus berakhlak”. Pungkas Waryono.

Kasubdit PDMA Nurul Huda dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti sejumlah ustadz pada lembaga PDF dan unsur Direktorat PD-Pontren. Dan akan disampaikan materi terkait menjadi guru yang profesional, penguatan pedagogik di Pesantren, strategi pembiasaan bahasa Arab di lingkungan Pesantren dan Pengelolaan Kelembagaan PDF yang profesional. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 12-14 April 2022 di hotel Ciputra Jakarta. (K-Ali)

Terkait