Direktur PD-Pontren Waryono mendorong penguatan bahasa arab pada PDF dan SPM sebagai distingsi pendidikan pesantren jalur formal

Depok (Kemenag) ----Direktur PD-Pontren Waryono mendorong penguatan bahasa arab pada PDF dan SPM sebagai distingsi pendidikan pesantren jalur formal. Hal ini dikemukakan dalam arahan Direktur PD- Pontren pada pembukaan Kegiatan Kompetensi Ustadz Pendidikan Muadalah Angkatan 2 di Santika Hotel Depok, Rabu sore (20/6).

Oleh sebab itu, lanjut Waryono, kemampuan bahasa Arab harus ditingkatkan di kalangan ustadz diniyah formal dan muadah, baik dari segi menulis maupun muhadatsah. Bahasa Arab juga jangan dianggap bahasa asing sehingga mudah diucapkan dalam keseharian.

Kegiatan ini penting dan harus terus dilaksanakan, dengan memperhatikan 3 (tiga) hal :

Pertama, perlu ada semacam placement test bahasa Arab, melalui cluster kualifikasi pendidikan para ustadz pengajar bahasa Arab. Sehingga akan lebih tepat level bimtek yang akan dilakukan, apakah level dasar, menengah atau level advance.
Kedua, tantangan kompetitor dalam penguasaan bahasa Arab, tidak hanya kalangan internal saja, akan tetapi sudah meluas ke kalangan warga dunia dan antar bangsa.
Ketiga, inisiasi penerbitan jurnal berbahasa Arab, selayaknya jurnal Scopus yang masih kebanyakan berbahasa Inggris.

"Mimpi kami, bahwa alumni PDF dan Muadalah sebagai input pendidikan di Ma'had Aly dan kuliah diniyah di Luar Negeri seperti Maroko dan Mesir,  sehingga adanya jurnal ini menjadi suatu penguatan kitabah dan ketika belajar di Mahad Aly tulisan yang diterbitkan dalam bentuk bahasa Arab" pungkas Waryono.

Kasubdit PDMA Nurul Huda, dalam laporannya mengatakan kegiatan ini diikuti sejumlah ustadz PDF dan Muadalah yang mengajarkan Bahasa Arab dari 61 lembaga yang tersebar di 6 propinsi.

Narasumber dan materi yang akan disampaikan antara lain : Dr. Andy Haryanto, MA - UNJ (Orientasi Pembelajaran Bahasa Arab di Era Industri 4.0) ; Dr. H. Tulus Musthofa, Lc, MA - UIN Yogyakarta (Standarisasi Kompetensi Bahasa Arab bagi Mahasiswa Indonesia); Dr. Faris al Badr (Pengajaran Keterampilan Bahasa Arab Menggunakan pendekatan Komunikatif); Rita Febrianta, M.Pd -UIN Bukittinggi (Praktek Pembelajaran Bahasa Arab untuk level Dasar).

Kegiatan akan berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 20-22 Juni 2022.

Terkait