Final, Pospenas ke-IX Akan Digelar di Solo Jawa Tengah

Bekasi (Pendis) – Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan menggelar Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) ke-IX tahun 2022, di Kota Surakarta, Jawa Tengah.  

Kota Solo resmi ditunjuk menjadi tuan rumah Pospenas ke – IX tahun 2022 yang berlangsung 23-27 November 2022 setelah melalui beberapa tahap rapat koordinasi. Nantinya, Stadion Manahan akan menjadi lokasi upacara pembukaan dan penutupan Pospenas.

Pospenas merupakan ajang untuk memupuk dan meningkatkan rasa persatuan, persahabatan, dan persaudaraan antarsantri, meningkatkan minat olahraga dan seni bagi santri. Tujuannya meningkatkan kesehatan, kesegaran jasmani, dan rohani, mengembangkan kreativitas, membangun disiplin dan sportivitas santri.

Direktur PD Pontren, Waryono Abdul Ghofur meyampaiakan akan segera merilis Juknis Pospenas ke-IX tahun 2022 ini.  Kabarnya, Pospenas ini akan menjadi momen yang meriah bagi kalangan santri dari berbagai penjuru.

“Pospenas ke-IX yang sudah pasti diadakan di Solo ini akan menjadi momen yang sangat meriah. Kami berharap semua pihak dapat berkerjasama untuk mensukseskan acara ini,” ujar Waryono saat membuka FGD persiapan Pospenas di Bekasi, Kamis malam (15/9/2022).

Waryono menghimbau agar perhelatan ini benar-benar dilakukan secara totalitas tidak hanya persiapan sarana prasarana yang siap, namun termasuk kevalidan data peserta yang termaktub dalam EMIS dan pendamping yang terlatih.

“Saya harap dengan persiapan yang sempurna, panitia juga memperhatikan peserta, dipastikan santri dari pondok pesantren yang masuk dalam data EMIS,” tandasnya.

“Begitupun dengan pendamping.  Mereka juga harus terlatih dan mengetahui peta lokasi sehingga maksimal dalam mengawal para peserta,” lanjutnya.

Kasubdit Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah  (PMDT), Siti Sakdiyah saat memimpin rapat persiapan Pospenas ke-IX ini mengatakan rapat ini memaparkan hasil rapat sebelumnya. 

“Pada rapat kali ini ada empat bahasan yang akan dipaparkan oleh masing-masing bidangnya,” kata Sakdiyah.

Adapun paparan tersebut mengenai Kesiapan Cabang Olahraga dari Kemenpora, Paparan Kesiapan Cabang Seni dari Kemendikbudristek, Paparan Kesiapan Tuan Rumah POSPENAS IX, Finalisasi Pedoman dan Juknis POSPENAS IX .

“Kami akan menyiapkan segenap jiwa raga dalam memaksimalkan dan mensukseskan kegiatan Pospenas ke –IX ini,” tegasnya.

Rapat persiapan Pospenas ke-9 ini dihadiri oleh Direktur PD Pontren, Asdep Pendidikan Keagamaan-PMK , Asdep Pengembangan OR. Tradisional dan Layanan Khusus-Kemenpora, Direktorat PPK Ditjen Kebudayaan-Kemendikbudristek,Direkorat Ketahanan, Ekonomi, Sosial dan Budaya-Kemendagri, Direktorat Even Nasional dan Internasional-Kemenparekraf, Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Kasubdit PMDT, Sub. Koordinator pada Subdit PMDT,JFU pada Subdit PMDT serta Tim Aplikasi Pendaftaran POSPENAS IX/2022.

Terkait