Kemenag Gelar Bimtek Penerimaan Bantuan Bagi Ma’had Aly

Jakarta (Kemenag) ---- Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD-Pontren) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menggelar Bimbingan Teknis (bimtek) Penerimaan  Bantuan Ma’had Aly (BOP Ma’had Aly) bagi perwakilan Ma’had Aly, Selasa hingga Kamis (26-28 Juli 2022) di Hotel Golden Tulip Tangerang Banten.

Dihadapan peserta bimtek, Direktur PD-Pontren Waryono secara daring menyampaikan beberapa hal penting, yaitu :

Pertama, Calon penerima bantuan diharapkan dan dipastikan untuk membaca juknis terlebih dahulu. Juknis yang dimaksud adalah Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7322 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan BOP Pesantren pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Tahun Anggaran 2022. “Tujuannya agar para calon penerima bantuan bisa memahami aturan yang berlaku dalam pelaksanaan bantuan, sehingga tahu mana yang dibolehkan dan mana yang dilarang agar nantinya tidak terjadi masalah di kemudian hari” terang Waryono.

Kedua, patut dicatat baik-baik, lanjut Waryono, sesuai arahan Gusmen bahwa bantuan yang disalurkan oleh Kemenag kepada sasaran penerima itu sepenuhnya, utuh, tidak ada potongan, dan tidak ada pungutan apapun.

Ketiga, Bantuan BOP diberikan kepada lembaga Ma’had Aly yang kami nyatakan responsif, mau bekerja sama dan memenuhi aturan yang berlaku, ini penting karena akan mendorong terwujudnya sinergi timbal balik yang baik antara Kemenag dengan lembaga pendidikan. “Oleh karena itu setelah ditetapkan sejumlah calon penerima bantuan, tidak perlu ada penambahan apalagi perpanjangan waktu lagi” tegas pria kelahiran Cirebon ini.

Kepala Subdit Pendidikan Diniyah dan Ma’had Aly Nurul Huda, menyampaikan dalam laporannya, bahwa proses penetapan calon penerima bantuan yang tercantum dalam Surat Keputusan (SK) sudah melalui berbagai tahapan, mulai dari penyampaian surat pemberitahuan bantuan, pengajuan usulan melalui aplikasi SIMBA (Sistem Informasi Bantuan Pesantren), dan verifikasi faktual. “Sehingga, hasil akhirnya ditetapkan 54 lembaga Ma’had Aly calon penerima bantuan yang tertuang dalam Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 3996 Tahun 2022.

Nurul pun menginformasikan bahwa di Tahun Anggaran 2022, dialokasikan bantuan BOP Ma’had Aly sebesar 3 milyar rupiah dengan sasaran sebanyak 72 lembaga Ma’had Aly. “Ini bentuk kehadiran negara dan fasilitasi dalam bentuk bantuan tunai yang diperuntukan kebutuhan operasional lembaga ma’had aly, agar dipergunakan sebaik-baiknya dan sebagaimana mestinya sesuai aturan juknis yang berlaku” pungkas Nurul. [Khan]

Terkait