Sayembara 'Santri Sehari Jadi Menteri Agama', Berikut Persyaratannya

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan arahan pada acara Launching Peringatan Hari Santri 2021 di Jl. M.H Thamrin, No. 6, Jakarta, pada Selasa

Jakarta - Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren secara resmi me-launching peringatan Hari Santri 2021 dengan tema 'Santri Siaga Jiwa Raga' di Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, pada Selasa (21/9) lalu.

Ada beberapa kegiatan yang digelar, salah satunya yakni Sayembara Santri Siaga Jiwa Raga yang terdiri dari VAKSIN (Video Aksi Kiai-Santri Indonesia), Surat Santri untuk Presiden dan Menteri, Challenge Selamat Hari Santri, Santri Sehari Menjadi Menteri.

Menurut Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono Abdul Ghafur, sayembara Santri Sehari Jadi Menteri Agama bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para santri yang masih muda agar menyiapkan diri sebagai pemimpin di masa mendatang.

“Menteri Agama saat ini, Gus Yaqut Cholil Qoumas, secara terbuka mengajak kepada santri-santri pesantren di seluruh Indonesia untuk belajar kepemimpinan dan tata kelola organisasi kementerian,” kata Waryono, Kamis (23/9), di kantornya, Jl. Lapangan Bateng, Jakarta.

Pihaknya menjelaskan bahwa syarat utama santri pesantren yang mendaftar sayembara ini yakni berusia 15 sampai 30 tahun dan membuat vlog atau video berdurasi 1-3 menit berisi alasan mengikuti program sehari menjadi Menteri Agama.

“Kami mengajak pengurus pesantren terutama pak kiai atau bu nyai untuk mendorong santri-santri untu mendaftar sayembara Sehari Jadi Menteri Agama ini. Kami yakin banyak santri yang berpotensi karena ilmu dan karakternya yang selama ini digembleng di pesantren,” jelas Waryono.

Semua peserta akan diseleksi menjadi 3 orang terpilih untuk diwawancarai oleh dewan juri. Peserta terbaik akan diumumkan pada tanggal 17 Oktober 2021.

Untuk hadiah bagi masing-masing pemenang terdiri dari; peserta terbaik 1 memperoleh piagam penghargaan dan tabungan pendidikan sebesar Rp. 22.000.000, sedangkan peserta terbaik 2 dan 3 memperoleh piagam penghargaan dan tabungan pendidikan sebesar Rp. 5.000.000.

Peserta terbaik akan mengikuti program sehari menjadi Menteri Agama, menghadiri penyerahan hadiah yang akan dilaksanakan pada saat pelaksanaan malam puncak peringatan Hari Santri 2021. Selain itu, penyelenggara akan menanggung biaya transportasi dan akomodasi peserta terbaik 1.

Info lebih lanjut tentang syarat dan ketentuan sayembara Santri Sehari Menjadi Menteri dan sayembara lainnya, silakan unduh melalui tautan https://s.id/SayembaraHariSantri2021. (ZID)

Terkait