Materi Seleksi

Materi Seleksi Tahap 1 – Tes Berbasis Elektronik meliputi:

  1. Tes Potensi Akademik
    • Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA);
    • Sosial Humaniora (SOSHUM);
    • Sains dan Teknologi (SAINTEK)
  2. Tes Bahasa
    • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Arab
    • Bahasa Inggris
  3. Tes Kepesantrenan, Keagamaan, dan Kebangsaan:
    • Substansi ilmu dan wawasan kepesantrenan
    • Substansi ilmu dan wawasan khazanah keagamaan
    • Substansi ilmu dan wawasan kebangsaan.

Materi Seleksi Tahap 2 – Tes Lisan dan Wawancara Online meliputi:

    1. Tes Qiraat wa Fahmul Kutub at-Turats (Tes Membaca dan Memahami Kitab Kuning);
    2. Tes Tahfizh Al-Qur’an untuk program studi dan Perguruan Tinggi Mitra tertentu dan sesuai jumlah juz dalam persyaratan khusus;
    3. Tes Wawancara.

Seleksi Tahap 1 – Tes Berbasis Elektronik

Tes Berbasis Elektronik dilakukan secara online menggunakan perangkat yang dimiliki oleh santri peserta tes.

Tes Berbasis Elektronik dapat dilakukan dengan menggunakan Komputer/Laptop atau menggunakan Gawai/Telepon Genggam berbasis Android/iOS.

Tes Berbasis Elektronik dilakukan secara serentak dan tidak ditentukan lokasinya. Santri peserta tes bisa melakukan Tes Berbasis Elektronik di Pesantren, di kediaman atau di lokasi manapun.

Tes Berbasis Elektronik sangat membutuhkan perangkat dan koneksi yang stabil. Sehingga dapat menunjang pelaksanaan tes yang diikuti oleh santri peserta tes.

Penyelenggara Tes Berbasis Elektronik adalah Kementerian Agama. Pada tahun 2021, Kementerian Agama tetap berupaya melaksanakan seleksi PBSB dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Teknologi yang dikembangkan adalah dengan menambahkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Facial Recognition untuk mengawasi pelaksanaan Tes Berbasis Elektronik serta mengidentifikasi dan memverifikasi kesesuaian profil foto pendaftar dengan peserta tes. Hal ini difungsikan untuk meminimalisir serta mendeteksi kemungkinan kecurangan saat pelaksanaan tes. Untuk dapat mengikuti tes, santri peserta tes harus melakukan tahapan berikut:

  1. Mempersiapkan perangkat berupa komputer/laptop atau gawai/telepon genggam berbasis android/iOS;
  2. Mengunduh/mendownload aplikasi, sesuai petunjuk dan tata cara Tes Berbasis Elektronik yang tertera pada Kartu Peserta Seleksi PBSB Tahap 1;
  3. Mengikuti langkah-langkah tes sesuai petunjuk pada Aplikasi Tes Berbasis Elektronik.

Seleksi Tahap 2 – Tes Lisan dan Wawancara Online

Tes Lisan dan Wawancara dilakukan secara online (dalam jaringan) menggunakan perangkat yang dimiliki oleh santri peserta tes. Tes Lisan dan Wawancara Online dapat dilakukan dengan menggunakan Komputer/Laptop atau menggunakan Gawai/Telepon Genggam berbasis Android/iOS.

Tes Lisan dan Wawancara Online dilakukan secara bergiliran dan terjadwal serta tidak ditentukan lokasinya. Santri peserta tes bisa melakukan Tes Lisan dan Wawancara Online di Pesantren, di kediaman atau di lokasi manapun.

Tes Lisan dan Wawancara Online sangat membutuhkan perangkat dan koneksi yang stabil serta terhindar dari kebisingan atau suara yang dapat mengganggu pelaksanaan tes. Sehingga dapat menunjang pelaksanaan tes yang diikuti oleh santri peserta tes.

Tes Lisan dan Wawancara Online akan diikuti oleh Penguji dan Peserta Tes.

Untuk dapat mengikuti tes, santri peserta tes harus melakukan tahapan berikut:

  1. Mempersiapkan perangkat berupa komputer/laptop atau gawai/telepon genggam berbasis android/iOS;
  2. Mengunduh/mendownload aplikasi, sesuai petunjuk dan tata cara Tes Lisan dan Wawancara Online pada Kartu Peserta Seleksi PBSB Tahap 2;
  3. Mengikuti langkah-langkah tes sesuai petunjuk pada Kartu Peserta Seleksi PBSB Tahap 2.